Karakter Kunci yang Penting Untuk Membangun Kesuksesan - ISTANA RELOAD

Karakter Kunci yang Penting Untuk Membangun Kesuksesan

Kesuksesan, satu kata yang jadi idaman semua manusia di dunia. Banyak yang mengartikan kesuksesan dengan berbagai parameter yang berbeda. Ada yang mengungkapkan kesuksesan dengan memiliki harta yang banyak dan berlimpah, ada juga yang menyebutkan kesuksesan adalah saat bisa memimpin satu perusahaan besar dan bonafid, atau ada yang mengartikan bisa memiliki keluarga yang harmonis. Semuanya benar dan tiap orang juga berhak menentukan parameter kesuksesannya sendiri di berbagai bidang kehidupan.

Kesuksesan sangat erat kaitannya dengan pencapaian seseorang dalam satu bidang tertentu. Misalkan sobat saat ini masih sekolah atau kuliah, lalu punya impian untuk lulus dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ke sebuah sekolah atau universitas di luar negeri. Setiap hari sobat akan berjuang untuk mewujudkannya.

Mulai dari belajar dengan tekun, membaca banyak buku referensi, dan mengerjakan tugas. Selain itu, sobat juga menyadari bahwa kesuksesan untuk mencapai universitas idaman itu juga memerlukan faktor pendukung lainnya seperti memperbaiki kualitas ibadah dan meminta doa restu dari orang tua.

Contoh lain jika sobat ingin berbisnis dan mengembangkan bisnis supaya omzet dan profitnya makin meningkat. Tentunya sobat akan melakukan proses “berpikir”, langkah dan strategi bisnis apa saja yang harus sobat lakukan dan bisa memberi dampak signifikan untuk perkembangan usaha.

Nah, seseorang yang mendambakan kesuksesan tentunya memiliki karakter kunci yang penting untuk membangun kesuksesan. Apakah sobat sudah memilikinya?

Atau minimal melatih diri sobat untuk memperbaikinya supaya peluang sukses sobat makin besar?

Jika belum, tak ada salahnya membaca ulasan singkat dan menarik dari Istana Reload berikut ini.


Karakter Kunci yang Penting untuk Membangun Kesuksesan

Ada fakta mencengangkan yang saya kutip dari Buku maknyuss karya Pak Rhenald Kasali yang berjudul Self Driving, Menjadi Driver atau Passenger.
“Bahwa hanya 2 % dari keseluruhan manusia yang berpikir, 3 % mengira bahwa mereka sudah berpikir, dan 95% lainnya malas berpikir.”
Bisa kita lihat dalam kehidupan nyata di sekeliling kita. Dari sekian banyak guru, dosen, dan tenaga pengajar, hanya sedikit yang menjadi “pendidik”. Artinya, dalam mengajar murid atau mahasiswanya, tidak hanya mentransfer apa yang ada di dalam buku saja. Akan tetapi, juga mentransfer dan mengkomunikasikan pola pikir yang terkandung di dalam materi tersebut.

Demikian juga manusia kebanyakan saat ini, hanya sedikit yang mampu dan mau menjadi pemimpin. Sebagian besar lainnya hanya mau menjadi pengikut. Istilah Pak Rhenald Kasali adalah driver untuk pemimpin dan passenger untuk pengikut.

Sama seperti saat mengendarai kendaraan bermotor. Ada yang menjadi sopir, ada yang menjadi penumpang. Terlihat karakteristik yang jelas berbeda dari kedua peran tersebut.

Seorang penumpang, tidak harus mengetahui jalan hingga ke tempat tujuan, tidak harus rutin melakukan perawatan, bisa duduk di kursi belakang, bahkan bisa tidur saat perjalanan dan terbangun pada saat sudah sampai di lokasi.

Berbeda jauh dengan peran sebagai seorang sopir atau driver. Seorang driver harus mengetahui rute jalan yang cepat dan aman ke tempat tujuan, harus waspada sepanjang perjalanan, duduk di depan dan mengendalikan kendaraan sepenuhnya, serta tidak boleh mengantuk saat sedang menyetir kendaraan.

Mentalitas kedua peran tersebut jauh berbeda. Yang satu hanya menunggu, duduk terdiam saja mengikuti arus kejadian yang terjadi. Tidak punya dan tidak mau melakukan upaya lebih untuk memperbaiki keadaan. Sedangkan yang satunya memiliki karakter yang jelas dan bisa membantu mendukung keberhasilan seseorang.

Seseorang yang memiliki karakter sebagai driver, setidaknya akan memiliki beberapa prinsip dan karakter kunci yang penting untuk membangun kesuksesan. Prinsip tersebut adalah sebagai berikut:


Karakter Kunci yang Penting Untuk Membangun Kesuksesan


#1 Daya Inisiatif yang Tinggi

Karakter kunci yang penting untuk membangun kesuksesan yang pertama akan memiliki daya inisiatif yang tinggi. Artinya, dia menyadari bahwa ada tanggungjawab yang dipikulnya. Tanggungjawab untuk bertumbuh, tanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dalam pendidikan, tanggungjawab dalam mengembangkan karir dan berbisnis, dan seterusnya.

Setelah menyadari tanggungjawabnya, dia akan menjalaninya dengan sukarela dan penuh kesadaran, tanpa perlu ada yang menyuruh. Dia menyadari bahwa dirinya perlu bertumbuh terus dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, proses pelaksanaan tanggungjawabnya dijalani dengan penuh tanggungjawab sebagai bagian dari proses pertumbuhan dirinya, baik dari segi keilmuan, skill, ketangguhan mental, dan sebagainya.


#2 Prinsip Melayani Sekitarnya

Seorang dengan prinsip dan karakter seorang driver, akan meletakkan dirinya menjadi pendengar yang baik bagi sekelilingnya. Dia akan mampu mendekatkan diri dan memikirkan orang lain yang ada di dekatnya. Seperti halnya dengan seorang sopir yang sedang mengendarai kendaraan, dia akan terus terjaga dan menjaga kondisi prima supaya penumpangnya merasa nyaman selama perjalanan.

Anda juga bisa melihat sekeliling Anda, baik itu teman, keluarga atau tetangga dekat. Orang yang bersedia melayani biasanya juga memiliki pengaruh yang lebih di dalam lingkungannya. Selain itu, dia bisa mendengarkan apa yang menjadi masalah di dalam lingkungan. Tokoh seperti itu, secara tidak langsung akan mendapatkan tempat di hati orang-orang sekitarnya. Pendapatnya akan didengarkan.

Sudahkah Anda melayani lingkungan sekitar Anda? ^_^


#3 Kemampuan Mengarahkan yang Baik

Saat seseorang memiliki prinsip melayani yang baik, pendapat yang dikeluarkannya akan selalu mendapatkan pertimbangan yang lebih bagi sekelilingnya. Setelah itu, seseorang dengan mentalitas driver yang mumpuni, akan memiliki satu kemampuan untuk mengarahkan yang luar biasa. Prinsip ini juga merupakan salah satu karakter kunci yang penting untuk membangun kesuksesan.

Dalam hal ini mengarahkan komunitas dan orang-orang di sekelilingnya untuk melihat satu tujuan yang besar, tujuan yang sama, dan bagaimana langkah-langkah hingga sampai ke tujuan tersebut.

Seorang driver juga bisa menjadi mentor bagi komunitasnya. Mentor yang bisa berbagi ilmu supaya lebih cepat dalam mencapai tujuan bersama, memberikan semangat kepada komunitasnya selama proses perjalanan. Mentor yang bisa mengeluarkan pemikiran kreatif untuk men-trigger komunitasnya selalu dalam keadaan bergairah dalam beraktivitas menuju tujuan. Dalam kondisi ini, driver sedang “merawat” kendaraan supaya mesinnya tetap dalam keadaan terbaik.


#4 Prinsip Memikul Tanggung Jawab

Prinsip seorang driver selanjutnya adalah memiliki rasa tanggung jawab yang besar. Prinsip tersebut adalah satu karakter kunci yang penting untuk membangun kesuksesan. Baik itu tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap komunitasnya, tanggung jawab terhadap tugas yang sedang dijalankan, dan seterusnya.

Dia tidak suka menyalahkan orang lain dan lebih suka untuk mencari solusi bersama dalam menyelesaikan satu masalah tertentu.

Pemikirannya selalu solution-oriented, tidak suka berbelit-belit dalam menyelesaikan masalah karena terlalu lama membiarkan satu masalah, maka jadi sebuah kerugian bagi dirinya dan komunitas.

Itulah beberapa prinsip dan karakter dari seseorang yang memiliki mental seorang driver. Dengan menjadi driver, sobat bisa terus bertumbuh dalam berbagai bidang kehidupan. Baik itu bidang karir, keluarga, bisnis, keagamaan, sosial masyarakat, dan lain sebagainya. Perjalanan yang akan sobat hadapi tidak akan ada yang mudah.

Perjalanan menuju kesuksesan harus dibayar dengan banyak pengorbanan. Baik itu waktu, tenaga, keringat, uang, dan lain sebagainya.

Latihan secara terus menerus akan membantu sobat untuk meng-install prinsip dan karakter kunci yang penting untuk membangun kesuksesan di dalam diri Anda. Dengan keempat prinsip dasar tersebut, maka Anda bisa menentukan kesuksesan yang ingin Anda raih dalam hidup ini. Dalam bidang bisnis, keempat prinsip ini bisa menjadi salah satu Modal Penting dalam Berbisnis.

Selamat berlatih..!! ^_^

0 Response to "Karakter Kunci yang Penting Untuk Membangun Kesuksesan"

Post a Comment