5 Modal Paling Ampuh untuk Mulai Berbisnis - ISTANA RELOAD

5 Modal Paling Ampuh untuk Mulai Berbisnis

Berbisnis, satu dunia yang jadi idaman banyak orang. Seiring dengan makin banyaknya kisah keberhasilan pebisnis dengan omzet ratusan juta hingga miliaran per bulan. Ditambah dengan boomingnya internet dan social media, makin banyak bertebaran pula yang mengajarkan ilmu berbisnis dengan berbagai metode.

Ya, semua orang mendambakan keberhasilan. Semua orang mendambakan kenikmatan. Nikmat memiliki bisnis yang mapan dan terus berkembang. Omzet dan profit ratusan juta hingga miliaran. Nikmat memiliki waktu yang banyak, bisa terus berada di dekat keluarga (dengan berbisnis, bisa lebih leluasa mengatur waktu dan lebih dekat dengan keluarga).

Setuju gaK? Sama dong, saya juga pengen begitu ^_^

5 modal paling ampuh untuk mulai berbisnis

Yang seringkali tidak diketahui banyak orang, atau mungkin lebih tepatnya, tidak ingin dialami oleh banyak orang, adalah bagaimana perjuangan awal seseorang dalam membangun usaha. Ya, siapa sih yang ingin merasakan sakit, siapa yang ingin merasakan pahit dan getir saat membangun bisnis?

Ga pengen ngalamin sakit, ga pengen ngalamin bangkrut, tapi pengen punya duit milyaran.. Huehehehe, impian banget buat semua orang tuh.

Sayangnya, ga setiap keinginan kita, bakal tercapai dengan cepat dan mudah. Seringnya sih, butuh perjuangan yang berat, termasuk dalam bisnis. Betul ga? ^_^

Bagi para Anda yang bisnisnya udah gede, udah milyaran, pasti mengalami tahap-tahap perjuangan dalam berbisnis. Baik itu dalam hal mencari tambahan dana untuk permodalan, mencari tambahan ilmu bisnis untuk mempertajam hasil berbisnis, dan setumpuk persoalan yang ga habis-habisnya.

5 Modal Paling Ampuh untuk Mulai Berbisnis

Salah satu aspek penting dalam bisnis itu adalah modal. Sering banget makhluk yang satu ini dijadiin alasan dalam berbisnis. Saat ada yang ingin memulai petualangan di dalam bisnis, pertanyaan yang sering muncul biasanya gini, “Modalnya dari mana?”

Seringnya setelah itu gak jalan deh bisnisnya, kalau seseorang hanya mengira bahwa modal bisnis hanya dalam bentuk uang. Padahal, banyak sekali lho bentuk modal dalam berbisnis. Lalu, apa saja modal paling ampuh untuk mulai berbisnis? Simak terus sharing berikut ini ya.

#1 NIAT

Niat jadi modal paling ampuh untuk mulai berbisnis. Jika tidak ada niat yang kuat, niat yang solid saat mau mulai bisnis, biasanya akan tidak kuat menghadapi berbagai persoalan dalam dunia bisnis.

Niatkan ingin belajar dalam dunia bisnis, niatkan jadi jalan untuk berbakti pada kedua orang tua, niatkan untuk membahagiakan keluarga melalui jalan bisnis, niatkan juga supaya bisa lebih taat dalam beribadah, dan berbagai niat lainnya. Anda bisa tentukan sendiri, mana niat terkuat Anda untuk memulai bisnis. Beberapa contoh niat di atas bisa Anda ambil untuk diri Anda sendiri, untuk lebih memperkuat diri Anda dan keyakinan Anda untuk berhasil dalam dunia bisnis.

#2 NETWORKING

Seringkali, networking dengan teman atau membuka relasi baru melalui acara baru juga akan sangat bermanfaat dan menjadi modal paling ampuh untuk mulai berbisnis. Bisa jadi hasil ngobrol dengan temen, kepikiran satu ide bisnis. Atau mengikuti banyak event, baik itu workshop maupun seminar bisnis, juga bisa kepikiran satu ide bisnis.

Banyak metodenya, banyak juga cerita orang yang mendapat ide sederhana untuk memulai bisnis. Seperti pengalaman pribadi saya bersama istri saat mulai berbisnis benang rajut import. Awal mulanya hanya melihat teman kuliah yang posting foto-foto benang rajutnya di sosial media, pas dilihat-lihat, eh jadi tertarik. Akhirnya ngobrol-ngobrol santai dengan teman kami itu, lalu langsung jalan deh untuk ikut jualan.

Seringkali networking ini nilainya akan jauh lebih berharga dibandingkan uang, karena integritas dan kualitas diri Anda akan terlihat. Jadi berhati-hatilah dalam mengelola networking dan menjaga integritas diri Anda. Rusak sedikit, maka bisa hancur berantakan rencana bisnis Anda.

#3 ILMU

Ilmu ini ga kalah pentingnya sebagai salah satu bentuk modal paling ampuh untuk mulai berbisnis. Bentuk ilmu ini bisa macem-macem. Utamanya adalah bisa mendukung Anda dalam menjalankan bisnis Anda dan bisa menjadi lebih baik.

Ilmu bisa didapatkan di bangku sekolah hingga perkuliahan. Tetapi, banyak juga ilmu yang didapatkan di luar bangku sekolah maupun perkuliahan. Seperti saya, yang mendalami ilmu di bidang internet marketing justru di luar bangku perkuliahan. Belajar dari banyak guru dan banyak workshop.

Tak lupa juga proses prakteknya, untuk lebih mengasah keilmuan yang sudah dipelajari untuk bisa menjalankan bisnis dan men-generate penghasilan untuk Anda dan keluarga.

#4 SKILL / KEAHLIAN

Setelah ilmu yang sudah didapatkan dan terus dipraktekkan, pada akhirnya akan menjadi satu tambahan Life Skills bagi Anda. Seperti misalnya saat saya dan istri mulai membantu penjualan benang rajut import, kami melakukannya melalui skill internet marketing yang sudah dipelajari.

Waktu mulai membantu proses penjualan benang rajut, modal uang kami NOL, tidak punya persentase saham sedikitpun di bisnis benang rajut import. Jadi kami hanya dibayar dengan sistem komisi dari benang rajut yang berhasil kami jual. Setelah berjalan beberapa waktu, ternyata ilmu hasil belajar dan dikombinasikan dengan praktek yang terus menerus melalui website sederhana, Alhamdulillah bisa menghasilkan penjualan yang lumayan baik. Seiring berjalannya waktu, kami bisa memiliki saham usaha juga di dalam bisnis benang rajut import hingga saat ini.

Masih banyak life skills yang bertebaran, yang bermanfaat bagi seseorang saat membutuhkan modal paling ampuh untuk mulai berbisnis. Menempa pribadi supaya lebih kuat, mengajarkan arti integritas, mengajarkan makna kerja keras, dan banyak lagi.

Jadi, jangan bosan untuk belajar ya, dan terus pertajam life skills yang Anda miliki. Semoga salah satunya bisa melalui blog Istana Reload Pulsa yang sedang dibaca saat ini ^_^

#5 UANG

Ya, uang tidak dipungkiri juga merupakan satu jenis modal penting di dalam bisnis. Ingat, SALAH SATU modal ya, BUKAN satu-satunya modal. Hehehe..

Dengan memiliki uang saja, belum tentu menjamin keberhasilan seseorang menjalankan bisnis. Tentunya akan ada kombinasi yang cakep di dalam banyak hal saat mengkombinasikan modal paling ampuh untuk mulai berbisnis. Beberapa diantaranya adalah pengalaman, ilmu bisnis, strategi, tim bisnis, dan berbagai faktor lainnya, termasuk uang.

Jika sudah memiliki pondasi yang baik, pengembangan bisnis yang memerlukan uang akan terasa lebih maknyuss manfaatnya. Akan lebih tajam dan lebih fokus pengembangannya.

Misalkan, Anda sudah menjalankan satu bisnis dan mulai terbentuk pasar konsumen yang membutuhkan produk/jasa Anda. Pada satu keadaan, diperlukan pengembangan untuk menambah stok barang jualan untuk menampung permintaan pasar. Nah, disitulah keberadaan uang akan lebih terasa manfaatnya, karena kita tahu apa tujuannya.

Demikian sharing sederhana tentang modal paling ampuh untuk mulai berbisnis versi saya, hehehe. Diramu dari personal experience selama ini. Masih banyak yang bisa diolah dari cerita tentang modal paling ampuh untuk mulai berbisnis ini. Lain waktu akan saya tuliskan kembali dengan cerita yang berbeda ya.

Semoga membawa manfaat bagi pembaca sekalian ^_^