Aplikasi yang Digunakan untuk Mengelola Bisnis Online Lewat Gadget - ISTANA RELOAD

Aplikasi yang Digunakan untuk Mengelola Bisnis Online Lewat Gadget

Sebelumnya Istana Reload coba membahas sedikit mengenai bisnis online. Pada intinya, bisnis online ada dua unsur penting. Kedua unsur tersebut ialah TRAFFIC CREATION dan TRAFFIC CONVERSION.

Apa artinya?

Secara sederhana, pengertian TRAFFIC CREATION ialah menarik perhatian dan mengajak sebanyak mungkin orang supaya mau melihat toko online yang sedang anda kelola.

Lalu, pengertian TRAFFIC CONVERTION ialah bagaimana mengubah pengunjung yang datang ke toko online anda supaya mau menghubungi toko online dan mau melakukan transaksi pembelian di toko online yang anda kelola.

Di bagian pertama, saya coba membahas bagian kecil di TRAFFIC CREATION. Salah satu unsur yang di perlukan adalah membuat foto produk dan penawaran (promosi) kepada calon konsumen. Ada beberapa aplikasi HP android yang sering digunakan untuk memenuhi keperluan ini. Anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi ini di playstore atau appstore. Apa saja yang sering digunakan? Ikuti terus ya.



Aplikasi yang Digunakan untuk Mengelola Bisnis Online Lewat Gadget

Aplikasi yang Digunakan untuk Mengelola Bisnis Online Lewat Gadget

PHOTOGRID

Aplikasi yang digunakan untuk mengelola bisnis online yang pertama ialah PHOTOGRID. Saya memakai aplikasi ini untuk editing foto, menambahkan teks, membuat kolase foto, dan mengubah dimensi foto menjadi square (untuk masuk ke INSTAGRAM).

Aplikasi satu ini sangat fleksibel dan mudah digunakan. Anda hanya perlu waktu untuk mencoba saja sampai akhirnya akan terbiasa menggunakan photogrid.


SNAPSEED

Berikutnya, saya memakai aplikasi SNAPSEED. Aplikasi yang digunakan untuk mengelola bisnis online ini masih terkait dengan FOTO. Kegunaan utama yang saya rasakan manfaatnya ialah menambahkan teks pada foto (ada banyak pilihan tipe teks) dan editing foto.

Penggunaan dua aplikasi ini saling menunjang bagi saya. Terkadang saya pakai photogrid dulu, lalu dilanjutkan memakai Snapseed untuk melakukan sentuhan akhir pada foto. Saya lebih sering pakai imajinasi saat menggunakan dua aplikasi HP android ini. Saya bayangkan hasil akhir editan fotonya akan seperti apa, lalu saya bayangkan di photogrid pakai fitur yang apa dan di snapseed pakai fitur yang mana.


INSTAGRAM

Instagram jadi satu aplikasi yang sangat menunjang penjualan di bisnis online yang saya kerjakan. Jadi aplikasi satu ini wajib untuk diinstall dan dikelola dengan serius. Saat ini di satu aplikasi Instagram, anda bisa mengelola 5 akun instagram sekaligus. Jadi hal ini sangat membantu anda untuk mengembangkan jumlah follower supaya menjadi lebih banyak.

Banyak hal yang perlu dipelajari supaya instagram bisa optimal menjadi satu jalur penjualan yang luar biasa dari bisnis online. Lain waktu akan saya ulas ya.


REGRANN

Aplikasi yang digunakan untuk mengelola bisnis online saya berikutnya ialah aplikasi Regrann. Apa fungsinya?

Fungsi utama aplikasi ini ialah untuk melakukan repost dari postingan yang ada di Instagram. Misalkan anda punya 5 akun instagram dengan nama A, B, C, D, dan E. Akun instagram A upload 1 postingan foto, lalu aplikasi B C D dan E bisa dengan mudah mereplika postingan dari akun A.

Cukup install aplikasi Regrann dan anda bisa langsung melakukan repost foto beserta captionnya. Tidak perlu repot-repot upload ulang. Bagi saya hal ini sangat membantu ^_^

Oke, berikutnya saya akan membahas bagian berikutnya di seputar TRAFFIC CONVERTION. Setelah anda berhasil mendatangkan banyak orang ke toko online anda seperti WEBSITE, INSTAGRAM, FACEBOOK, BUKALAPAK, TOKOPEDIA, SHOPEE, dan lain-lain, selanjutnya APA?

Setelah melakukan promosi di toko online, anda tentu mengharapkan banyak orang (calon konsumen) yang menghubungi anda lewat jalur komunikasi yang sudah anda sediakan. Sama halnya seperti yang saya kerjakan.

Pada prosesnya, calon konsumen akan berinteraksi menggunakan aplikasi chatting yang tersedia. Nah, aplikasi apa saja yang biasanya saya gunakan untuk melakukan chatting? Berikut ini daftarnya.


LINE@

Ya, saya menggunakan aplikasi LINE@ untuk chatting dengan konsumen. Apa bedanya dengan LINE biasa? Banyak..

Salah satunya, anda bisa mendapatkan ID premium dengan melakukan pembelian menggunakan kartu kredit. Settingan default LINE@ untuk nama ID akan berupa huruf dan angka yang random diawali tanda “@”.

Jika sudah memiliki ID LINE Premium, nama ID bisa kita pilih selama masih tersedia. Seperti yang saya miliki, ada ID LINE @ratukemiri dan @butikherbal. Jangan lupa add ID LINE ini pakai tanda @.

Sistem LINE@ menyiapkan sistem follow satu akun tertentu dengan jumlah unlimited dan bisa melakukan broadcast message ke para follower. Hal ini bagus bagi penjual seperti saya. Tentunya harus dikelola secara baik dan jangan spam.

Keuntungan lainnya ialah saya bisa mendapatkan link khusus dari LINE yang jika diklik akan langsung terhubung dan kontak otomatis ke akun LINE@ saya. Jadi konsumen tidak perlu repot untuk menulis atau mencari nama akun saya, cukup klik link yang sudah disediakan untuk chat, tanya dan order.


LINE

Aplikasi yang digunakan untuk mengelola bisnis online berikutnya ialah saya memakai LINE. Aplikasi ini biasanya otomatis terhubung dengan whatsapp jika nomor pada whatsapp sama dengan LINE.

Saya menyesuaikan saja dengan kebiasaan konsumen. Ada konsumen yang terbiasa chatting dengan whatsapp, ada juga yang terbiasa dengan LINE. Saya siapkan semuanya.

Saya biasanya memfollow akun LINE@ saya menggunakan akun LINE reguler yang saya miliki. Dari situ, saya bisa LIKE dan SHARE postingan yang dibuat di LINE@ untuk memperluas jangkauan postingan dari LINE@ saya. Keunggulan lainnya, LINE reguler ini bisa menampung pertemanan hingga maksimal 4000 kontak.


Whatsapp

Aplikasi chat ini sangat mudah dan praktis. Cukup menggunakan nomor HP lalu aktifkan di whatsapp untuk langsung chat dan melakukan pemesanan. Saya juga bisa menyimpan data nama dan nomor HP konsumen ke email. Jadi saat pindah HP android, saya tidak kehilangan nomor kontak konsumen tersebut.

Selain itu, Whatsapp juga bisa digunakan di PC atau laptop. Jadi mudah saat mengoperasikannya. Saya memanfaatkan hal ini untuk memindahkan data ke whatsapp di laptop untuk print data konsumen yang sudah melakukan pemesanan.


Telegram

Aplikasi chat berikutnya yang saya sediakan ialah memakai telegram. Karakteristiknya hampir sama dengan whatsapp. Akan tetapi, tetap ada perbedaan unik dengan whatsapp. Seperti bisa menggunakan grup yang berisi maksimal 5000 member.

Selain itu, saya bisa membuat channel khusus untuk menginformasikan hal-hal terbaru seputar bisnis yang dikelola. Aplikasi telegram ini juga bisa digunakan lewat PC atau laptop.

Demikian pengalaman pribadi saya mengenai aplikasi yang digunakan untuk mengelola bisnis online. Tidak ada kewajiban untuk 100% sama dengan pilihan saya. Namanya juga selera. Anda bisa menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan anda saat mengelola bisnis online. Aplikasi favorit anda apa saja? Mari berbagi di kolom komentar ya ^_^

Sampai jumpa di kisah lainnya. Semoga artikel pengalaman pribadi ini bermanfaat, jangan lupa dishare supaya makin banyak yang bisa merasakan manfaatnya ^_^

0 Response to "Aplikasi yang Digunakan untuk Mengelola Bisnis Online Lewat Gadget"

Post a Comment