7 Skill Dasar Untuk Memulai Bisnis Online - ISTANA RELOAD

7 Skill Dasar Untuk Memulai Bisnis Online

Banyak orang yang mendambakan punya bisnis online yang besar, sukses, omzet dan profit yang besar. Tidak heran karena fenomena bisnis online melalui internet sedang menanjak popularitasnya. Didukung dengan berbagai faktor yang makin memudahkan orang untuk tertarik menjalankan bisnis online.

Akses internet yang semakin mudah jadi salah satu faktor pendukung maraknya orang yang memulai bisnis online. Beraneka jenis barang dagangan sangat mudah dicari lewat internet saat ini. Provider bersaing memberikan paket akses data internet untuk konsumen. Meninggalkan konsumen pada banyak pilihan dan memberikan kesempatan untuk mencoba kualitas layanannya.

Faktor pendukung lainnya ada di boomingnya pengguna smartphone di Indonesia. Mulai dari smartphone dengan harga sangat murah hingga smartphone premium hadir untuk memanjakan para konsumen. Smartphone sangat memudahkan dalam mengakses internet, bahkan bisa langsung melakukan pembelian atau berbelanja online melalui internet.

Marketplace besar tak kalah berperan pentingnya dalam pertumbuhan bisnis online di Indonesia. Beragam promo menarik dikeluarkan untuk menarik minat masyarakat untuk bertransaksi online. Oleh sebab itu, buka toko online di marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia bisa menjadi salah satu strategi pendukung supaya bisnis online sobat makin laris.


7 skill dasar untuk memulai bisnis online


Inilah 7 Skill Dasar untuk Memulai Bisnis Online

Banyaknya impian dan kisah sukses bisnis online tentunya jadi satu faktor penarik tambahan untuk orang berbisnis online. Akan tetapi, tahukah sobat ada jalan panjang yang harus dijalankan untuk menjadi sukses dan bertumbuh bisnis onlinenya?

Jadi, apa saja skill dasar untuk memulai bisnis online supaya terus berkembang dan makin laris? Ikuti dan simak terus ulasannya berikut ini ya. Semoga jadi manfaat buat para pembaca sekalian.


#1 Membuat Website / Blog

Skill dasar untuk memulai bisnis online yang pertama adalah persiapkan rumah utama dari bisnis online, yaitu website. Website adalah rumah utama yang harus dipersiapkan jika mau menjalankan peluang bisnis online yang sudah dipersiapkan.

Seberapa penting memiliki website untuk bisnis online bisa sobat baca ulasannya pada artikel yang pernah saya tulis sebelumnya. Sosial media penting untuk pemasaran produk atau jasa secara online dan cepat, tetapi sifatnya hanya musiman. Pada suatu saat akan tutup juga, seperti media sosial yang pernah eksis sebelumnya.

Cara membuat website secara sederhana juga cukup mudah. Yang terpenting siapkan dulu nama domain dan hostingnya, setelah itu sobat bisa mencari informasi tentang cara sederhana dan mudah untuk membuat website.

Skill dasar untuk memulai bisnis online ini akan sangat berguna selama seumur hidup sobat. Dengan menguasai cara membuat website ini, model website sederhana sekalipun, sobat akan punya kesempatan lebih menjalankan sebuah bisnis online dalam jangka panjang dengan tim yang berbeda sekalipun.

Atau, jika sobat tidak ingin ribet dalam mempelajari skill dasar untuk memulai bisnis online, dalam hal ini membuat website, silahkan bergabung saja bersama Istana-Reload.com. Fitur pembuatan web blog  gratis yang disediakan sangat banyak dan sangat memudahkan untuk agen pulsa dalam website dan toko online secara sederhana dan powerful.


#2 Kemampuan Menulis

Skill dasar untuk memulai bisnis online yang kedua adalah belajar untuk menulis. Dalam konteks bisnis online, tulisan memegang faktor yang sangat penting. Orang akan bertransaksi melalui berbagai media online dan pengantarnya adalah melalui tulisan.

Banyak istilah yang bisa mencakup tulisan ini. Antara lain bisa disebut dengan nama artikel, landing page, sales letter, deskripsi produk, dan lain-lainnya. Jadi satu hal menentukan seseorang akan mau membeli sebuah produk atau jasa adalah dari kualitas konten yang dituliskan oleh pengelola bisnis online.

Jika tulisannya menarik, masuk akal dan bisa “diimajinasikan” bermanfaat bagi calon konsumen, maka akan terjadi transaksi pada sebuah toko online. Demikian juga sebaliknya. Jika tidak piawai dalam menulis, tentu pengunjung tidak akan tertarik untuk membeli produk atau jasa yang sobat sediakan.

Kemampuan menulis sebagai skill dasar untuk memulai bisnis online ini akan semakin tajam bila dilatih terus menerus. Jadi jangan ragu untuk terus belajar, baik dalam menulis artikel untuk konten website, menulis promo penawaran dalam sebuah landingpage, dan sebagainya.

Meng-upgrade kemampuan menulis juga bisa sobat lakukan dengan mengikuti pelatihan baik offline maupun pelatihan online. Banyak yang menyediakan kursus online dalam hal penulisan dalam konteks bisnis online, seperti materi copywriting, materi cara mudah menulis artikel yang google friendly, bagaimana mencari ide tulisan, dan sebagainya.


#3 Foto Produk yang Ciamik

Daya tarik dari faktor yang satu ini akan sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis online. Jika sobat memiliki kemampuan fotografi, maka sobat sudah menguasai satu jenis skill dasar untuk memulai bisnis online yang penting.

Transaksi di dalam bisnis online, tidak membuat penjual dan pembeli melakukan tatap muka secara langsung seperti di pasar tradisional dan pasar konvensional pada umumnya. Oleh sebab itu, unsur foto produk memegang peran yang sangat penting.

Foto yang jelas dan menggoda akan lebih memiliki daya tarik bagi calon konsumen untuk melakukan pembelian dibandingkan foto produk yang seadanya. Seperti apa foto produk yang seadanya? Misalkan produk diletakkan begitu saja di lantai, lalu difoto. Atau produk diletakkan di atas kardus lalu difoto, dan berbagai macam contoh lainnya.

Kini sudah banyak yang menyediakan tips sederhana di media sosial untuk membuat studio mini yang ciamik untuk mengambil foto. Manfaatkan saja informasi tersebut. Jika kesulitan untuk membuat sendiri, tinggal beli studio mini saja yang sudah tinggal pakai.

Selain foto produk sendiri, alternatif lainnya bisa lakukan kerjasama atau merekrut fotografer yang punya spesialisasi foto produk. Proses ini akan lebih menghemat waktu, dengan konsekuensi keluar biaya yang lebih untuk proses fotonya.


#4 Menyusun Alur Proses Bisnis Online

Dalam bisnis, dari mulai produksi barang hingga akhirnya sampai ke tangan konsumen akan memerlukan waktu dan tahapan-tahapan tertentu. Alur tersebut disebut dengan proses bisnis online. Mulailah berlatih untuk mengasah skill dasar untuk memulai bisnis online yang satu ini.

Jika sudah sobat petakan proses bisnis online dari awal hingga selesai, sobat akan bisa melakukan evaluasi pada setiap tahapannya. Bagian mana yang sudah baik, dan bagian mana yang masih perlu perbaikan yang lebih banyak.

Pada awal memulai bisnis online, sobat bisa lebih berfokus pada bagian sales dan marketing karena dua bagian tersebut yang akan memberikan cashflow pada bisnis online sobat. Dengan adanya cashflow, tentu ada uang yang bisa dialokasikan. Jika tidak ada penjualan produk / tidak ada cashflow, artinya bisnis online sobat diam di tempat. Bahkan terancam bangkrut. Jika kondisi seperti itu, mau mulai mengatur dari mana?

Petakan secara sederhana untuk memulai. Minimal bisa dipetakan dari alur proses produksi, marketing, penjualan, dan pengiriman. Dari peta proses bisnis yang sudah dibuat, akan bisa dikembangkan terus menerus pada masa yang akan datang, disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis online yang sobat kelola.


#5 Mendata Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Skill dasar untuk memulai bisnis online yang satu ini biasanya akan didapat dari pengalaman. Pada saat sobat sudah berinteraksi dengan calon konsumen, akan bisa didapatkan pertanyaan-pertanyaan yang akan sering ditanyakan oleh konsumen.

Contoh tema-tema pertanyaan yang sering ditanyakan diantaranya:

  • Pertanyaan tentang spesifikasi produk, bahan baku, cara pemakaian atau cara perawatan produk;
  • Pertanyaan tentang cara pemesanan;
  • Pertanyaan tentang cara pembayaran;
  • Pertanyaan tentang kredibilitas toko online yang sobat kelola;
  • Pertanyaan tentang ongkos kirim dari jasa pengiriman yang dipakai untuk mengirim pesanan;
  • Dst

Nah, daftar tema pertanyaan di atas bisa sobat jadikan patokan awal untuk mengasah skill dasar untuk memulai bisnis online. Pertanyaan yang muncul bisa jadi akan terus berkembang, beradaptasilah untuk menghadapinya. Pertanyaan yang normal sampai pertanyaan yang aneh pasti akan muncul. Bersiap-siaplah dan nikmati prosesnya.


#6 Kemampuan untuk Fokus

Salah satu bahaya yang akan dihadapi oleh pengusaha adalah kemampuannya untuk fokus. Fokus pada satu bisnis online yang sedang dijalankan.

Tak jarang juga seorang pebisnis online yang baru merintis, tergoda oleh “kesuksesan” bisnis lain yang dijalankan oleh temannya. Lalu berpikir sendiri, “hmm sepertinya enak ya kalo buka bisnis baru, bisa jadi kran penghasilan tambahan”.

Akhirnya, apa yang terjadi? Ya, bisa jadi bisnis baru yang direncanakan “tidak seindah” yang dibayangkannya. Lebih parahnya lagi, bisnis online yang sudah dijalankan pertama kali juga hancur lebur karena ditinggalkan oleh sobat. Maunya untung, malah jadi buntung.

Kekuatan untuk fokus ini adalah satu skill dasar untuk memulai bisnis online yang harus dikuasai. Musuh terbesar yang sering dihadapi justru bukan orang lain, akan tetapi “kerakusan” seorang pebisnis online. Ya, musuh terbesar yang dihadapi adalah dirinya sendiri.

Bagaimana seseorang mampu mengendalikan fokus tenaga, waktu, pikiran, modal dan sumber daya lainnya untuk mengembangkan bisnis online yang dijalankannya jadi satu tantangan tersendiri bagi seorang pebisnis online.


#7 Daya Tahan Tinggi (untuk tidak mudah menyerah)

Perjalanan bisnis adalah perjalanan yang tidak akan selalu mulus. Terkadang jalannya halus dan terkadang jalan yang dilalui akan sangat berbatu. Oleh sebab itu, diperlukan daya tahan yang tinggi untuk melewati setiap tantangan yang muncul.

Skill dasar untuk memulai bisnis online ini harus tertanam dalam karakter seorang pebisnis online. Skill untuk tidak mudah menyerah, skill untuk mencari solusi pada setiap masalah akan terus diasah setiap saat.

Bagaimana saat baru mulai bisnis online, strategi apa yang perlu dilakukan untuk mendatangkan penjualan? Bagaimana memastikan produk yang diciptakan adalah produk yang berkualitas tinggi? Bagaimana strategi mendatangkan traffic atau pengunjung ke dalam website toko online? Dan sebagainya.

Saat berhadapan dengan suatu masalah dan buntu untuk menyelesaikannya, jangan mudah mengeluh, “bisnis ini tidak berprospek, lebih baik cari bisnis lainnya saja”. Bisa jadi cara promosinya yang salah, bisa jadi usahanya kurang tekun dalam mengisi konten berkualitas di dalam website bisnisnya, bisa jadi pelayanannya terhadap calon konsumen kurang ramah, dan lain-lain.

Jadi, buang jauh-jauh rasa ingin mengeluh. Jika sobat sudah masuk ke dalam dunia bisnis online, teruslah melangkah, teruslah belajar, dan teruslah memperbaiki diri. Mengeluh hanya akan mendatangkan aura negatif yang makin menjatuhkan dan membuang waktu. Sementara skill dasar untuk memulai bisnis online yang sudah sobat kuasai tidak akan pernah dipraktekkan.

Demikian ya ulasan sederhana mengenai skill dasar untuk memulai bisnis online kali ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi sobat yang membaca ulasan sederhana ini. Silakan berbagi pengalamannya di kolom komentar ya ^_^

0 Response to "7 Skill Dasar Untuk Memulai Bisnis Online"

Post a Comment