10 Macam Perintah Untuk Google Now Yang Cerdas - ISTANA RELOAD

10 Macam Perintah Untuk Google Now Yang Cerdas

10 Macam Perintah Untuk Google Now Yang Cerdas - Apple punya dengan yang namanya Siri, Windows 10 punya juga dengan nama Cortana, dan Android punya yaitu Google Now, secara umum, semuanya mempunyai fungsi yang mirip yaitu asisten pribadi yang akan memberikan informasi atau melakukan perintah setelah Anda mengucapkan suatu kalimat. OK Google bisa diakses dengan mengucapkan langsung “OK Google”. atau bisa pula dengan menekan tombol ikon microfon yang terdapat pada search engine bar di Google Launcher. Yang menarik disini, Google Now juga dapat menerima perintah suara kita dalam bahasa Indonesia. Namun sebelumnya, ubah terlebih dahulu bahasa yang di gunakan ponsel dengan masuk ke menu Settings>> Language>> dan pilih Bahasa Indonesia>>Selesai.

10 Macam Perintah Untuk Google Now Yang Cerdas


Namun perlu diketahui juga Ok Google dapat di akses jika aplikasi Google Now telah terpasang di perangkat Android Anda. Jadi, jika Anda tidak bisa mengaksesnya. Pastikan telah memasang terlebih dahulu memasang aplikasi tersebut dari Play Store dengan kata kunci pencarian Google Now Launcher. Aplikasi ini terbilang cukup unik. Selain untuk aplikasi OK Google, Google Now Launcher juga dapat digunakan untuk peluncur beranda samartphone Anda yang akan menambah hidup Home screen.

Selanjutnya, setelah terpasang Anda bisa langsung memberikan perintah untuk melakukan suatu hal, dengan menyentuh ikon Google diatas layar yang mempunyai gambar microfon atau bisa juga dengan menggeser layar Home ke kanan. Dan berikut diantaranya 10 macam perintah untuk Google Now yang cerdas.

1. Buka Aplikasi

Dengan OK Google, Anda bisa membuka aplikasi tanpa perlu menyentuh perangkat Android. Cukup katakan “OK Google, Open WhatsApp” dan otomatis aplikasi akan langsung dijalankan. Dan jika pengaturan sudah diubah ke dalam bahasa Indonesia, ucapkan “Buka WhatsApp”. Akan tetapi bila aplikasi belum terpasang di perangkat Android, maka Ok Google akan otomatis mengarahkan untuk mengunduhnya di Play Store.

2. Atur Timer dan Alarm

Bila butuh timer untuk keperluan seperti menghitung waktu, atau ingin memasang alarm, hal ini bukanlah masalah. Tinggal ucapkan “Set timer for 15 minutes” atau “Set alarm for 6:30 PM” atau ucapkan “Atur timer untuk 15 menit” serta “Atur alarm jam 15 30”. Hanya saja jika ingin mematikan atau membatalkannya dua fungsi tersebut, Anda meski melakukan secara manual.

3. Definisikan Suatu Kata

Ingin mengetahui arti dari suatu kata yang masih terdengar asing? Anda bisa bertanya ke OK Google untuk menjelaskan arti kata tersebut sehingga bisa digunakan pada kalimat atau penggunaan yang tepat. Ucapkan “Define awesome” untuk mengetahui arti kata atau makna kata awesome.

4. Telpon atau SMS

Anda dapat melakukan 2 hal ini menggunakan perintah yang berbeda. Untuk menelpon cukup ucapkan “Cal….” dan lanjutkan untuk mengkomfirmasi hal tersebut. Untuk kirim SMS, ucapkan “Send e text”, selanjutnya Ok Google akan menanyakan orang yang akan di tuju dan apa isi pesan yang akan dikirim. Semua bisa dilakukan melalui perintah suara.

5. Kirim Email

Seperti mengirim SMS, Anda juga bisa menerapkan-nya di pengiriman email. Cukup ucapkan “Send an email to …..” dan aplikasi email akan terbuka dan tunggu sampai Google menunggu perintah selanjutnya. Setelah selesai mengucapkan isi email, tekan Send. Sayangnya OK Google tidak bisa membacakan seluruh isi email yang masuk, tetapi Anda hanya bisa memerintahnya untuk membuka suatu email saja.

6. Navigasi

Google memiliki kemampuan yang baik dalam memberi arahan mengenal suatu lokasi yang hendak dituju. Anda bisa memanfaatkan OK Google untuk mempercepat pencarian dibanding harus mengetik terlebih dahulu dengan menyebutkan suatu alamat melalui aplikasi Map. Anda juga dapat memerintahkan Google untuk menemukan tempat-tempat tertentu.

7. Terjemahan Bahasa

Jika ingin menerjemahkan suatu kata atau pun kalimat, Google siap membantu. Google memiliki kemampuan cukup baik juga dalam menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia di dunia. Tidak hanya itu, Google pun akan mengajarkan Anda bagaimana cara mengucapkan dari suatu kata kalimat. Misalnya ucapkan “How do you say hello in Spainsh”.

8. Pencarian Gambar

Jika ingin mencari suatu gambar, Anda bisa memanfaatkan database atau referensi tautan yang dimilikinya. Cukup bertanya “OK Google, show image for Star Wars”, jika Anda ingin mencari gambar yang berhubungan dengan film Star Wars.

9. Konversi atau Kalkulasi

Selain bisa melakukan konversi dalam berbagai hal, Anda juga bisa memberi perintah agar Google menghitung angka yang Anda sebutkan secara cepat. Contohnya ucapkan “Five plus two” atau konversi mata uang Dolar ke Rupiah dengan ucapkan “Five dolar to rupiah” dan Google akan menampilkan hasilnya.

10. Pengaturan Perangkat

Anda juga bisa menggunakan OK Google untuk mengendalikan perangkat Android atau mengubah pengaturan. Sebagai contoh, Anda bisa langsung mengaktifkan kamera untuk mengambil foto atau merekam video, ucapkan “Take a picture” atau “Shoot a video.

Selain perintah-perintah diatas, masih banyak lagi perintah yang bisa dilakukan Google Now, seperti menjalankan dan mengendalikan musik dari Google Play Music, mencari lokasi theater yang menayangkan film tertentu, mencari informasi hasil pertandingan sepak bola, dan masih banyak lagi. Anda bisa bereksperimen dengan mengucapkan berbagai perintah lainnya yang bisa jadi akan dilakukan OK Google.